Top Ad unit 728 × 90

Pengertian Listrik Statis (update!)

pengertian listrik statis
Pengertian listrik statis adalah listrik yang muncul antara dua benda atau lebih yang memiliki potensial listrik atau polaritas muatan positif (+) atau Negatif (-) sehingga saling menarik atau melepaskan muatan tersebut. listrik yang muncul di area benda tersebut disebut listrik statis dan area antar benda tersebut yang memiliki listrik statis disebut medan listrik statis. Pengertian listrik statis juga bisa diartikan listrik yang muncul akibat gesekan dua benda atau muncul dari benda itu sendiri karena bergesekan dengan udara sehingga menimbulkan listrik statis di udara atau menempel pada benda itu sendiri.

Contoh listrik statis yang paling sederhana adalah penggaris atau mistar plastik yang digesekkan pada rambut dapat menarik potongan-potongan kertas kecil, listrik yang muncul dari penggaris atau mistar tersebutlah listrik statis, atau bisa juga penggaris atau mistar yang telah digosok-gosokan dirambut di dekatkan dengan rambut-rambut ditangan atau kepala kita, maka rambut tersebut terasa tertarik oleh penggaris atau mistar. contoh listrik statis tersebut pernah kita lakukan waktu di Sekolah Dasar atau bahkan sebelum masuk Sekolah Dasar.

Contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah adanya petir, petir terjadi karena adanya gesekan awan yang memiliki potensial listrik atau muatan listrik berbeda sehinga terjadi benturan muatan listrik, besarnya listrik yang ditimbulkan dari petir ini tak terhingga besarnya, sehingga muatan tersebut menuju tempat paling netral di dunia ini adalah bumi, sebesar apapun muatan listrik jika sudah menyentuh bumi maka akan menjadi netral.

Lantas bagaimana dengan rumus listrik statis ? satuan dari listrik statis ini adalah Amp per detik atau di sebut juga Coulomb simbolnya adalah Q, satu Amp per detik adalah 6.25x10^18 elektron atau proton, satu Amp per detik adalah 6.25x10^18 elektron / detik. Namum dalam dunia industri pengukuran listrik statis menggunakan electro static field meter sehingga tidak lagi dihitung secara manual. Rumus listrik statis diatas adalah gambaran secara teori dari rumus listrik statis.

Lebih dalam lagi tentang pengertian listrik statis, besar kecilnya listrik statis suatu benda itu tergantung juga oleh beberapa factor diantaranya nilai resistivity permukaan benda tersebut dan juga besarnya kecilnya suhu atau kelembaban benda tersebut berada, semakin besar nilai resistivity permukaan benda semakin besar kemungkinan benda tersebut mengeluarkan listrik statis, begitu juga sebaliknya semakin kecil nilai resistivity suatu benda maka akan semakin kecil kemungkinan benda tersebut mengeluarkan listrik statis. Faktor lainya yaitu suhu dan kelembaban semakin tinggi suhu makan akan semakin rendah kelembabanya dan akan memperkecil kemungkinan munculnya listrik statis begitu juga sebaliknya semakin rendah suhu maka kelembaban akan semakin tinggi dan akan memperbesar kemungkinan munculnya listrik statis.

Baca juga :



Dalam dunia industri khususnya industri elektronika keberadaan listrik statis ini harus selalu di control penuh, karena besarnya listrik statis pada kadar tertentu akan bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen elektronika terutama komponen aktif, keberadaanya yang tidak kasat mata harus dikontrol dengan bantuan peralatan agar besarnya listrik statis dan factor-faktor lainya dapat di ketahui.


Dari semua pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian listrik statis listrik statis yang muncul dari suatu benda akibat gesekan dengan benda lain atau dengan udara dan besar kecilnya dipengaruhi factor lain seperti resistivity permukaan benda atau suhu dan kelembaban ruangan.Itu saja yang bisa saya paparkan mengenai pengertian listrik statis semoga dapat menambah wawasan anda.

Pengertian Listrik Statis (update!) Reviewed by Soe Hendi on 15.36.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.