Top Ad unit 728 × 90

Cara mengukur besarnya listrik statis (electro static test)

Listrik statis atau dalam bahasa inggriss disebut electrostatic, listrik yang muncul dari suatu benda atau material yang bergesekan dengan udara atau material lain, listrik ini beterbangan diudara dalam bentuk-bentuk ion positif (+) dan ion negatif (-) tak beraturan jumlahnya, nah yang dapat menyebabkan kerusakan ialah adanya beda potensial antara ion positif (+) dan ion negatif (-) yang terlalu besar, sehingga jika bersentuhan dengan material aktif seperti IC ( Integrated Circuit ) akan berakibat kerusakan.


Electrostatic meter atau electrostatic field meter adalah nama alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besarnya listrik statis (electrostatic) dalam suatu area atau yang terkandung dalam benda atau material. Banyak merk-merk alat ukur yang digunakan untuk mengukur besarnya listrik statis ini, salah satunya adalah SIMCO, alat ukur ini ada yang manual ( menggunakan jarum sebagai penunjuk nilai ) ada pula yang digital yang menggunakan display digital untuk menunjukan besarnya nilai listrik statis serta menggunakan laser sebagai pengatur jarak antar material atau objek ukur dengan alat ukur itu sendiri.

Jarak ukur antara alat ukur dengan objek atau material ukur desesuaikan dengan ketentuan produsen alat ukur namun biasanya jaraknya kisaran 10 sampai dengan 30 cm. sebagai contoh salah satu alat ukur menggunakan laser warna merah sebagai penanda jarak ideal alat ukur dengan objeknya, biasanya laser merah akan terlihat pada objek ukur dan akan berbentuk bulatan  didalam kotak persegi laser tersebut, seperti terlihat dalam gambar berikut :

Pengukuran listrikstatis atau electrostatic

Jika jarak kurang tepat maka bulatan yang ada didalam laser terlihat samar-samar, namun jika jarak sudah ideal maka bulatan tersebut akan nampak nyata. Dan biasanya pula ada proses kalibrasi atau pengembalian nilai Nol alat ukur dengan cara mengarahkan alat ukur pada benda yang tidak memiliki listrik statis atau netral. kemudian alat ukur bisa digunakan untuk mengukur kembali.

Electrostatic field meter biasanya juga dilengkapi dengan fungsi untuk mengukur ion blower, apa itu ion blower? akan ada pembahasan di artikel lain tentang ion blower secara lebih detail. Nah setelah diketahui besarnya listrik statis dalam suatu benda maka kita bisa menjauhkan atau melindungi material yang sensitif terhadap listrik statis dari benda-benda tersebut.



Cara mengukur besarnya listrik statis (electro static test) Reviewed by Soe Hendi on 11.51.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.