Top Ad unit 728 × 90

Anti static Flooring | Anti static mat

      Dalam penggunaan  anti static mat yang berfungsi melindungi area tertentu agar terbebas dari adanya listrik statis (electro static), sebagai contoh adalah meja kerja. Meja kerja yang digunakan untuk menangani perangkat elektronik disarankan (bahkan diwajibkan untuk perusahaan elektronik) menggunakan karpet anti static atau anti static mat. Karpet ini memiliki dua lapisan utama, lapisan pertama (biasanya warna hitam) lapisan bagian bawah karpet ini berfungsi menghantarkan listrik statis (electro static) ke ground, meja kerja yang biasanya digunakan tidak bisa dipastikan bebas dari listrik statis dengan menggunakan karpet ini diharapkan listrik statis / electro static akan hilang.

anti static mat
Gambar karpet anti statis (antis tatic mat)


Seperti terlihat pada gambar diatas lapisan yang berada dibawah yang berwarna hitam memiliki surface resistivity atau tahanan permukaan lebih rendah dibanding yang bagian atas (biasanya berwarna abu-abu atau hijau), pembahasan tentang surface resistivity akan dibahas pada artikel lain. agar lebih jelas akan saya paparkan dua permukaan karpet tersebut beserta nilai surface resistivity nya :

  1. Lapisan atas ( warna : Hijau atau abu-abu ) atau disebut dissipative layer


  • Memiliki Surface resistivity 10^7 sampai dengan 10^10 Ohm / Square
  • Pemasanganya harus diletakan dibagian atas 
  • Biasanya berwarna abu-abu, atau hijau (tergantung produsen)
  • Bahan dengan surface resistivity diatas tidak akan menimbulkan listrik statis atau electro static jika bergesekan dengan benda lain
   2. Lapisan bawah ( warna : Hitam ) atau disebut conductive layer 
  • Memiliki Surface resistivity 10^3 sampai dengan 10^6 Ohm / Square
  • Pemasangan harus diletakan pada bagian bawah
  • Biasanya berwarna hitam 
  • Bahan dengan Surface resistivity diatas berfungsi menghantarkan listrik statis ke ground melalui grounding cord (pembahasanya akan dibahas di artikel lain).



Dengan dua lapisan diatas maka permukaan kerja yang menggunakan karpet antistatis atau anti static mat akan terhindar dari adanya listrik statis atau electro static, dengan demikian semua komponen atau material yang berada diatasnya akan aman dari bahaya listrik statis atau electro static.
Gambar dibawah ini menjelaskan lebih detail struktur karpet antistatis atau anti static mat 

Anti static mat structure
Gambar Lapisan mat antistatis (antistatic mat)

Mudah-mudahan pembahasan diatas bisa memberikan informasi yang baik untuk anda mengenai salah satu perangkat antistatic yaitu anti static mat.


    

Anti static Flooring | Anti static mat Reviewed by Soe Hendi on 08.08.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.