Top Ad unit 728 × 90

Perbedaan ESD grounding dan electrical grounding

Untuk mengetahui lebih detail perbedaan grounding electrostatic dan grounding electric akan dibahas lebih detail dalam artikel ini, dalam pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang dasar dari grounding, nah apa saja sih yang terhubung dengan grounding electric (EOS) dan apa saja yang terhubung dengan grounding electrostatic (ESD).

1.  ESD grounding


Yang terhubung dengan grounding ini adalah semua peralatan atau perangkat pendukung yang dalam pengoperasianya tidak menggunakan listrik, biasanya peralatan ini tidak umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari tapi sering d jumpai di dalam dunia industri. Contohnya : earthring atau gelang penetralisir listrik statis dalam tubuh manusia, grounding cord yaitu alat pendukung yang digunakan untuk menetralisir listrik statis yanga ada dimeja kerja, lantai antistatis yaitu lantai yang didesain khusus untuk menetralisir adanya listrik statis yang muncul dari lantai baik dari material ataupun dari adanya gesekan benda atau manusia dengan lantai. bisa dilihat lebih detail dalam gambar berikut :


Perlengkapan atau peralatan yang terhubung pada grounding electrostatic

Gb. perlengkapan atau peralatan yang terhubung di grounding electrostatic

Semua peralatan seperti earthring, grounding cord dll. biasanya sudah dilengkapi Resistor sebesar 1 M Ohm, yang berfungsi mengamankan pembuangan listrik statis agar terbuang secara perlahan-lahan untuk menghindari kerusakan komponen  yang terhubung dengan perlengkapan tersebut.



2. Electrical Grounding

Grounding ini umum kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, jadi rasanya sudah tak asing lagi apa saja yang terhubung dalam grounding electric ini , contohnya solder, Osciloscope, kulkas, CPU (Komputer), Motor dll. secara garis besar semua peralatan atau instrumen yang menggunakan listrik dalam pengoperasianya terhubung dengan grounding electric ini , namun ada beberapa peralatan yang menggunakan listrik dalam pengoperasianya namun tidak terhubung dengan grounding ini, tergantung dari produsen peralatan tersebut, yang bisa kita lihat adalah steker atau "colokan" yang digunakan dalam instrumen atau peralatan tersebut, seperti dalam gambar berikut :


Grounding pada steker

Biasanya perlatan atau instrumen yang memiliki body atau cashing berbahan plastic tidak menggunakan steker dengan grounding , tetapi dalam dunia industri grounding ini sangat penting sekali karena bisa menghindari kerusakan instrumen atau komponen elektronik yang bersentuhan langsung dengan permukaan cashing instrumen. dan berikut ini gambaran instrumen yang terhubung dengan electrical grounding  :

Perlengkapan atau peralatan yang terhubung pada grounding electric

Penggunaan electrical grounding dalam kehidupan sehari-hari juga bisa menghindari permukaan atau body perlatan rumah tangga yang nyetrum atau mengeluarkan sengatan listrik walau tidak terlalu besar.
Perbedaan ESD grounding dan electrical grounding Reviewed by Soe Hendi on 11.09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.