Top Ad unit 728 × 90

ESD Symbol dan maknanya

     Dalam dunia industri elektronik terutama, untuk menghindari kesalahan-kesalahan penanganan komponen atau perangkat elektronik diperlukan penanda atau batas-batas area, ada area yang boleh ditangani tanpa menggunakan perangkat anti static, ada juga area yang sangat sensitif dengan adanya listrik statis, untuk itu diperlukan simbol-simbol atau lambang yang digunakan untuk penanda tersebut.

Simbol sensitif electrostatic


  • ESD Symbol yang pertama seperti terlihat diatas berarti area atau perangkat yang menggunakan ESD Symbol diatas harus menggunakan perangkat anti static dalam menangani atau berada di area tersebut, seperti menggunakan sarung tangan anti static, earthring, baju anti static, dan lain-lain. artinya penangananya tidak boleh menggunakan tangan secara langsung karena listrik statis dalam tubuh kita bisa menyebabkan kerusakan atau berkurangnya usia komponen elektronik.
Simbol bebas antistatic
  • ESD Symbol yang kedua seperti terlihat diatas, yang memiliki makna bahwa area atau perangkat tersebut boleh ditangani tanpa harus menggunakan perangkat anti static, dan simbol tersebut dapat digunakan pula sebagai penanda perangkat pelindung dari electro static, seperti plastic anti static, sarung tangan anti static, anti static curtain dan lain-lain.

  • ESD Symbol yang ketiga ini adalah simbol untuk perangkat elektronik yang di kemas dalam box, artinya sebagai peringatan diluar kemasan box agar penangananya menggunakan perangkat anti static. sebelum membuka box kemasan barang jika ada lambang atau simbol diatas pastikan anda menggunakan sarung tangan anti static atau earthting, karena simbol tersebut menandakan perangkat yang ada di dalam box sangat sensitif terhadap listrik statis.
Itulah 3 simbol yang sering digunakan yang berhubungan dengan electro static, jika ada simbol-simbol yang pembaca ketahui bisa di sharing disini. mudah-mudahan pengetahuan tersebut bisa bermanfaat.

========================================================================
Baca Juga :




ESD Symbol dan maknanya Reviewed by Soe Hendi on 06.37.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.