Top Ad unit 728 × 90

Anti static wrist strap | esd wrist strap

      Anti static wrist strap yang secara harfiah adalah gelang yang digunakan untuk menetralisir (menghubungkan ke bumi), tubuh manusia agar tidak berdampak buruk pada komponen yang dipegang, karena menurut penelitian para ahli tubuh manusia mengandung listrik statis juga, besarnya listrik statis ini akan naik turun sesuai dengan aktifitas manusia, semakin tinggi aktifitasnya maka besarnya listrik statis dalam tubuh manusia akan semakin besar, begitu juga sebaliknya.

anti static wrist strap
Gb. Anti static wrist strap


Gambar diatas menunjukan wujud Anti static wrist strap atau esd wrist strap , jika kita lihat ada 2 bagian besar yaitu gelang dan kabel elastis, dibagian atas dalam gelang tersebut ada plat halus yang akan menempel pada kulit tangan orang yang menggunakanya, kemudian kabel elastis tersebut akan menghubungkanya ke kabel grounding utama electro static melalui konektor penjepit. dengan menggunakan Anti static wrist strap atau esd wrist strap ini listrik statis atau electro static dalam tubuh manusia akan senantiasa ternetralisir ke dalam bumi sehingga akan menghidarkan material yang disentuh dari kerusakan.

Sebagai informasi tambahan didalam gelang Anti static wrist strap atau esd wrist strap tersebut terdapat resistor sebesar 1 MegaOhm, yang berfungsi sebagai penghambat listrik statis yang akan dibuang ke tanah, kenapa perlu dihambat?
karena besarnya listrik statis akan menghasilkan kejutan jika tidak dinetralisir secara perlahan. sehingga akan memberi keamanan dan kenyamanan pengguna Anti static wrist strap atau esd wrist strap dan material yang akan disentuh.

Selain Anti static wrist strap atau esd wrist strap yang menggunakan kabel, ada juga Anti static wrist strap  wireless atau esd wrist strap tanpa kabel, tujuanya untuk digunakan kepada pekerja yang mobilitasnya sangat tinggi, namun penggunaan earthring jenis ini tidak dianjurkan, karena secara fungsi kurang efektif untuk pembuangan listrik statis atau electro static, jika tidak memungkinkan harus menggunakan Anti static wrist strap jenis ini maka dalam jangka waktu tertentu arthring ini harus dihubungkan ke ground electro static utama (tanah), agar menetralisir listrik statis dalam tubuh manusia yang terkumpul saat beraktifitas.

Anti static wrist strap wireless
Gb. Earthring wireless (tanpa kabel)

Dari gambar diatas dapat kita lihat bentuk dari Anti static wrist strap wireless, efektifitasnya masih kalah dengan earthring yang menggunkan kabel, karena tidak langsung terhubung dengan kabel grounding utama.
Proses pembuangan listrik statis atau electrostatic

Gb. Proses pembuangan listrik statis kedalam tanah

Dari gambar diatas kita dapat mengetahui gambaran terbuangnya listrik statis pada tubuh manusia ke tanah melalui Anti static wrist strap, dengan begitu tubuh manusia akan selalu netral.dan terbebas dari listrik statis yang berbahaya.







Anti static wrist strap | esd wrist strap Reviewed by Soe Hendi on 07.03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.