Top Ad unit 728 × 90

Grounding

     Setelah kita mengetahui tentang dasar dari ESD dan EOS hal terpenting yang perlu diketahui adalah tentang grounding, grounding terbaik di dunia ini adalah tanah, nah disini saya akan memaparkan jenis-jenis grounding yang sehari-hari tanpa kita sadari ada di dekat kita dan dalam dunia industri sangat penting untuk kelancaran produktifitas dan pencegahan kerusakan komponen elektronik.

Ada dua macam jenis grounding yang digunakan didunia industri dan di rumahan, yaitu :

1. Electrical Grounding


grounding ini berfungsi untuk membuang atau menetralisir adanya tegangan bocor pada instrument atau tools, baik yang digunakan dalam dunia industri ataupun yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. sebagai contoh jika di dalam rumah kita, kita sering melihat adanya kabel yang tertanam kebawah tanah yang biasanya berada dibawah meteran listrik didepan rumah kita, nah itulah grounding untuk semua peralatan yang ada dalam rumah kita, untuk itu dianjurkan untuk menggunakan stop kontak seperti gambar dibawah ini : 


Grounding electric dan grounding electrostatic


Dengan begitu akan terhindar adanya tegangan bocor yang mengalir pada body atau permukaan dari instrument atau peralatan rumah tangga kita yang menggunakan tegangan listrik untuk pengoperasianya, jika tidak menggunakan stop kontak seperti gambar diatas maka akan terjadi yang sering kita sebut "nyetrum".

untuk dunia industri ini jauh lebih  penting karena dampaknya akan mengakibatkan kerusakan pada komponen industri yang bersentuhan langsung dengan instrumen atau peralatan yang digunakan dan menggunakan tegangan listrik dalam pengoperasianya.


2. ESD Grounding

Grounding yang ke dua ini sangat jarang digunakan di dalam rumah tangga, grounding ini sering sekali digunakan didalam dunia industri, fungsinya sebagai tempat penetralisir atau pembuangan listrik static yang ada dalam area industri, apa saja yang terhubung dalam grounding ini? akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

Sebagai catatan penting , penanaman grounding electrostatic dan grounding tegangan bocor harus terpisah untuk menghindari masuknya tegangan bocor dalam grounding electrostatic karena salah satu yang terhubung dalam grounding electrostatic adalah tubuh manusia, melalui eartring . akan dibahas dalam artikel lain.

Inilah sekilas tentang grounding yang digunakan dalam industri ataupun dalam rumah tangga, semoga bisa menambah wawasan pembaca dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.



Grounding Reviewed by Soe Hendi on 07.02.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.