Top Ad unit 728 × 90

Anti static curtain

Tirai (Curtain) antistatic
Gambar antistatic curtain (tirai).
   Dalam penanganan pencegahan adanya listik statis atau electro static dilakukan dengan berbagai cara dan dengan berbagai macam perlengkapan, salah satunya adalah tirai. Saat memasuki suatu area atau ruangan yang didalamnya banyak terdapat material yang sangat sensitif terhadap listrik statis atau electrostatic maka diperlukan anti static curtain, tujuanya untuk membuang listrik statis atau electrostatic dari tubuh manusia atau material yang masuk melalui pintu tersebut. Pintu dengan dipasang tirai antistatic atau anti static curtain diharapkan dapat menghilangkan atau mengurangi sementara listrik statis tersebut, karena setelah melewati tirai tersebut saat manusia tetap melakukan aktifitas maka akan muncul kembali listrik statis atau electro static dari tubuh manusia tersebut, untuk itu jika orang tersebut akan melalukan aktifitas dalam waktu lama dalam ruangan tersebut maka harus menggunakan earthring.

Dari gambar diatas dapat kita lihat struktur dari anti static curtain, terlihat ada benang berwarna hitam itu adalah benang yang memiliki tahanan tertentu sehingga dapat mengalirkan electro static dari tubuh manusia saat bersentuhan. Mau tidak mau jika tirai tersebut dipasang di pintu maka akan bersentuhan dengan kulit orang yang melalui pintu tersebut. Benang-benang tersebut terangkai menjadi satu sehingga berbentuk bulat panjang yang bediameter kurang lebih 5mm. kumpulan-kumpulan benang tersebut disatukan menjadi satu dibagian atas dengan menggunakan bahan yang bisa menghantarkan litrik, biasanya menggunakan besi atau alunimium.

Setelah itu penghantar tersebut dihubungkan menggunakan grounding cord ke ground listrik statis atau electro static ground. dengan menggunakan grounding cord yang ada resistor didalamnya sebesar 1 Mega Ohm diharapkan pembuangan listrik statis atau electro static dari tubuh manusia tidak berlangsung secara singkat atau perlahan, dengan tujuan agar tidak terjadi kejutan saat bersentuhan dengan kulit manusia. Jika tidak dipasang resistor 1 Megaohm maka saat melalui tirai tubuh manusia terasa tersengat listrik atau ada sedikit kejutan listrik, ini akan berdampak pada ketidak nyamanan dan keamanan.

Antistatic curtain installation
Gambar instalasi  anti static curtain

Gambar diatas menggambarkan instalasi anti static curtain agar berfungsi dengan semestinya, mudah-mudahan penjelasan mengenai anti static curtain diatas dapat menambah wawasan anda.

========================================================================

Baca Juga :


Anti static curtain Reviewed by Soe Hendi on 07.54.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by henmagz © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Henmagz

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.